Jenis Jenis Pengeboran (Boring)

BORING (PENGEBORAN)

Pemboran adalah salah satu mata kuliah teknik pertambangan dan merupakan kegiatan ekplorasi dan eksploitasi dalam dunia pertambagan. Seperti yang telah dipaparkan pada materia TEKNIK PEMBORAN sebelumnya, kita masuk ketahapan berikutnya mengenal lebih dalam tentang pemboran.
Proses Pengeboran Guna Memperoleh Data Core yang dilakukan di area konsesi KP PT. Dairi Prima Mineral Parongil Kabupaten Dairi Prov Sumut

Ada bermacam-macam cara untuk membuat lubang-lubang bor, yang prinsipnya adalah sebagai berikut :

1.    Bor Tangan
Pemboran ini dapat dilakukan sampai kedalaman 5-10 m.  Pemboran dengan tangan merupakan metode yang cepat dan murah untuk tanah lunak, sehingga dapat dilakukan di daerah yang sulit dilalui oleh transportasi alat berat.
Bor tangan menggunakan “auger” pada ujung bagian bawah dari serangkaian setang-setang bor.  Bagian atas dari setang bor ini mempunyai handle yang dipakai untuk Memutar alat tersebut.  Gambar di bawah ini menunjukkan macam-macam auger yang dipakai untuk melakukan pemboran tangan.
Proses pengeboran secara manual dengan menggunakan tangan

2.    Pemboran dengan Mesin
Pemboran ini dapat dilakukan sampai kedalaman 50 m tergantung dari kemampuan alat dan mata bor.
Motor penggerak alat bor pada umumnya terdiri dari bagian-bagian berikut :
a.    Alat yang dapat mamutar setang bor, dengan kecepatan yang bisa diatur dan dapat memberikan gaya ke bawah.
b.    Pompa, untuk memompakan air pencuci ke bawah, melalui bagian dalam setang bor.
c.    Roda pemutar (winches) dan derrick atau tripod untuk menarik dan menurunkan setang-setang dan alat-alt bor ke dalam lubang.
Pengeboran Core Di PT. Dairi Prima Mineral dengan menggunakan mesin

Cara dan macam alat yang dipakai pada penggunaan alat-alat bor dengan motor penggerak :
a.    Pemboran Tumbuk
Dilakukan dengan menggunakan bermacam-macam auger  dan cable tools.
Cable tools dikaitkan pada ujung kabel dan diturunkan atau dijatuhkan ke dalam lubang bor dengan menggunakan roda pemutar dan tripod/ derrick.
Pemboran tumbuk biasanya dilakukan pada kerikil dan pasir.
Pemboran Tumbuk, umumnya digunakan dalam tahapan konstruksi pembuatan pancang atau paku bumi dalam konstruksi sipil

b.    Pemboran dengan Air
Air dipompakan ke bawah melalui setang-setang bor ke alat pemotong atau pahat pemotong dan air pemboran ini mengangkut potongan-potongan/ hancuran tanah tersebut kembali ke atas permukaan tanah.
Bahan-bahan yang dipadatkan ini bercampur dengan air, dengan hal ini kita tidak mungkin memperoleh keterangan-keterangan yang dapat dipercaya mengenai keadaan asli bahan-bahan tersebut di dalam tanah.

c.    Flight Auger dan Core Cutters
Flight Auger
Biasanya digunakan apabila dibutuhkan kemajuan yang cepat.  Pada pemboran ini tidak menggunakan air.  Walaupun tanah yang didapatkan tidak asli, tetapi tanah tersebut menunjukkan kadar air yang asli.

Core Cutters
Dipakai untuk mendapatkan inti yang sambung menyambung dan dalam keadaan yang hampir asli.  Dalam bahan yang lunak core cutters dapat mudah ditekan langsung ke dalam tanah tanpa diputar.

d.    Core Barrels
Core barrels dikembangkan untuk pemboran dalam batuan.  Core barrels terdiri dari 2 tabung yaitu tabung dalam terkandung inti, tidak berputar, sedangkan tabung luar berputar memutar pahat yang sebenarnya melakukan pemboran.  Air dipompakan ke bawah melalui bagian dalam dari setang bor dan mengalir terus ke bawah di antara kedua tabung tersebut, lewat pahat dan kembali ke atas melalui bagian luar dari barrel.  Fungsi air untuk mendinginkan dan sebagai pelumas pahat, untuk mengangkut potongan-potongan tanah ke atas permukaan tanah.

Core Barrels hasil dari pemboran eksplorasi yang dilakukan di Anjing Hitam daerah KP PT. Dairi Prima Mineral
Labels: Teknik Pemboran

Thanks for reading Jenis Jenis Pengeboran (Boring). Please share...!

0 Comment for "Jenis Jenis Pengeboran (Boring)"

Back To Top