Istilah Dalam Pegolahan Bahan Galian

Istilah Dalam Pegolahan Bahan Galian
Pengolahan Bahan Galian

  1. Mineral Fuel (bahan bakar) yaitu bahan galian yang dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti batubara dan minyak bumi Bahan galian industri dimanfaatkan karena sifat fisik atau kimianya seperti kekatan, kehalusan atau keindahan.
  2. Mineral adalah benda padat an-organik yang relatif homogen, terdapat di alam secara alamiah, memiliki sifat kimia dan komposisi kimia tertentu, dan memiliki sifat fisika tertentu.
  3. Bijih adalah sekumpulan mineral yang daripadanya dapat dihasilkan satu atau lebih logam secara ekonomis sesuai dengan keadaan teknologi dan lingkungan pada saat itu.
  4. Gangue mineral adalah unsur-unsur pengotor dalam suatu bijih, yang tidak berharga,tidak diambil, dan dibuang sebagai tailing.
  5. Mesh adalah satuan ukuran butir partikel yang artinya jurnlah lubang di permukaan pengayak sepanjang I inch linier.
  6. Liberasi adalah usaha untuk membebaskan mineral berharga dari pengotornya dengan cara peremukan (crushing) dan penggerusan (grinding)'
  7. Derajat liberasi adalah jumlah berat suatu mineral berharga yang sudah bebas sempurna, biasanya dinyatakan dalam persen, dibandingkan dengan jumlah semua mineral-mineral yang terdapat di dalam bijih, baik yang sudah bebas maupun yangmasih terikat.
  8. Pengolahan bijih (mineral dressing, ore processing) adalah proses/operasi di mana bijih diolah sedemikian rupa dengan mempergunakan sifat fisikanya/kimianya sehingga menghasilkan produk yang dapat dijual (disebut konsentrat) dan produk yang tidak berharga (disebut tailing) dengan tidak mengubah sifat fisika atau sifat kimia mineral yang diolah.
  9. Perolehan (recovery) adalah besaran yang menyatakan banyaknya (dinyatakan dalam persen) mineral atau logam berharga yang dapat diambil dari suatu bijih dalam suatu operasi pengolahan bijih.
  10. Konsentrasi gravitasi adalah salah satu tahap operasi dalam pengolahan bijih yang operasinya mempergunakan sifat perbedaan densitas dari mineral-mineral yang akan dipisahkan.
  11. Konsentrasi magnetik adalah salah satu tahap operasi dalam pengolahan bijih yang operasinya mempergunakan sifat perbedaan kemagnetan dari mineral-mineral yang akan dipisahkan.
  12. Konsentrasi elektrostatik adalah salah satu tahap operasi dalam pengolahan bijih yang operasinya mempergunakan sifat perbedaan kemampuan untuk menghantarkan arus listrik dari mineral-mineral yang akan dipisahkan.
  13. Konsentrasi flotasi adalah salah satu tahap operasi dalam pengolahan bijih yang operasinya mempergunakan sifat perbedaan kemampuan dibasahi oleh air/udara dari mineral-mineral yang akan dipisahkan.
  14. Kadar merupakan perbandingan antara berat mineral atau logam tertentu terhadap berat material secara keseluruhan, dinyatakan dalam persen. 



Labels: Pengolahan Bahan Galian

Thanks for reading Istilah Dalam Pegolahan Bahan Galian. Please share...!

0 Comment for "Istilah Dalam Pegolahan Bahan Galian"

Back To Top