Genesa Batubara

Genesa Batubara

Proses pembentukan Batubara berawal dari adanya penumpukan material pembentuk Batubara yaitu tumbuh-tumbuhan sebagai bahan baku pembentukan yang tertumpuk pada daerah rawa. Setelah mengalami penumpukan maka material tersebut mengalami proses pembusukan dan tertimbun oleh material tanah. Proses ini disebut juga sebagai proses humufication. Material yang telah mengalami proses pembusukan kemudian diuraikan oleh bakteri anaerobic dan menjadi massa jelly. Akibat adanya pengaruh tekanan dari massa yang tertumpuk diatas massa jelly menyebabkan massa ini mengalami pemadatan dan menjadi gambut. Karena adanya pengaruh tekanan yang terus menerus dan disertai dengan pengaruh temperatur massa gambut ini mengalami proses pembatubaraan atau coalification. 
Ganesa Batubara

Pembagian Batubara berdasarkan Genesanya

Batubara yang terbentuk dialam terbagi atas dua (2) jenis antara lain :

1. Batubara Insitu
Batubara jenis ini adalah Batubara yang terbentuk pada tempat dimana material pembentukan tertumpuk dalam hal ini adalah daerah rawa. Barubara jenis Insitu cenderung mempunayai lapisan yang tebal mempunyai warna yang sangat kilap dan mempunyai mineral pengotor bawaan yang relatif sedikit.

2. Batubara Eksitu
Batubara jenis ini terbentuk setelah Batubara Insitu terbentuk. Dengan artian bahwasanya Batubara jenis ini terbentuk akibat adanya proses Sedimentasi dari Batubara Insitu. Batubara yang telah terbentuk pada daerah rawa akan mengalami pengangkatan. Karena adanya proses alam maka Batubara Insitu mengalami perombakan dan tertransportasi pada daerah cekungan. Batubara jenis ini cenderung mempunyai lapisan yang tipis dan mempunayi material pengotor bawaan yang relatif banyak. Hal ini disebabkan oleh adanya proses transportasi yang menyebabkan Batubara yang tertransportasi tertumpuk bersamaan dengan mineral yang lain.

Labels: Batu Bara, Genesa Bahan Galian

Thanks for reading Genesa Batubara. Please share...!

0 Comment for "Genesa Batubara"

Back To Top